Anak-Anak enfo

enfohealth.blogspot.com
enfootaku.blogspot.com
enfomythology.blogspot.com
enfowhat.blogspot.com
enfoentertainment.blogspot.com

Sabtu, April 04, 2009

Arah Angin

Apakah arah angin kira-kira akan sama?

Apakah sama arah tiupannya??

sesungguhnya arah angin itu sama baik didalam lapisan perbatas (yang dekat dengan permukaan bumi) maupun di luar lapisan perbatas.
Lapisan Perbatas Permukaan (SBL= Surface Boundary Layer) adalah : Suatu lapisan atmosfir di dekat permukaan dimana gaya kekasapan permukaan nyata dan massa udaranya mengandung karakteristik permukaan di bawahnya.
lapisan ini merupakan tempat aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan, pada lapisan ini Gaya Coriolis nil (dapat diabaikan), merupakan Wilayah dengan gradien kecepatan angin, suhu dan kelembaman terbesar, terjadi pertukaran momentum, bahang dan massa (dan polutan) terbesar

lapisan perbatas ini TIDAK mempengaruhi arah angin, tapi mempengaruhi kecepatan Angin. dimana di SBL (yg jaraknya 10 m dari permukaan bumi) kecepatan angin lebih rendah di bandingkan pada outer layer (ketinggian > 10 m) ini lah yang menyebabkan kal
au mem
perhatikan pengukur kecepatan angin, selalu diletakkan pada menara pengamat cuaca yang tingginya 10 m.

bagaimanapun terdapat kasus2 tertentu dimana terjadi turbulensi sehingga arah angin berpusing/berputar. Hal ini dapat terjadi pada atmosfer yang tidak stabil, dimana terjadi convective boundary layer.

Beberapa jenis hewan mengetahui perbedaan arah angin berdasarkan arah medan magnet Bumi. Burung-burung migran, misalnya, diketahui menggunakan kemampuan tersebut untuk memilih arah terbang yang tepat.

0 komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007