Anak-Anak enfo

enfohealth.blogspot.com
enfootaku.blogspot.com
enfomythology.blogspot.com
enfowhat.blogspot.com
enfoentertainment.blogspot.com

Sabtu, April 04, 2009

Pi

DALAM matematika kamu tentu mengenal “pi”. Sering kamu dapatkan pada saat kamu meghitung hal yang berkaitan dengan lingkaran. Nah berapakah nilai ”pi” ini?. Benarkah angka ”pi” itu tidak berhingga?

Pi adalah angka yang diperoleh dari perbandingan antara ”keliling” lingkaran dengan ”garis tengah” nya. Bayangkan, kamu berjalan mengelilingi sebuah lapangan berbentuk lingkaran, hitung langkah kamu, lalu kamu juga berjalan lurus melewati titik tengah lapangan, hitung juga langkahnya. Jumlah langkah kamu mengelilingi lapangan dibandingkan dengan jumlah langkah kamu melewati titik pusat lapangan adalah ”pi”.

Oh ya ”pi” ini ajaib, karena berapa pun besar dan kecil lingkarannya, selalu menghasilkan angka perbandingan yang sama, yaitu ”pi”.

Pi sudah dikenal sejak 4000 tahun yang lalu, nilainya juga berbeda-beda. Katakanlah pada jaman Babilonia ”pi” senilai 3 1/8, orang china menggunakan 3,1724, Archimedes menyatakan ”pi” adalah bilangan antara 3 1/7 dan 3/ 10/70, Fibonnaci menggunakan ”pi” setara dengan 864:275 = 3,141818.

”Pi” memang bilangan desimal yang tidak berujung, tiada berakhir, bahkan ada yang sudah menghitung ”pi” hingga satu juta angka di belakang koma!!!

Untuk menyelesaikan rumus lingkaran kamu mungkin cukup menggunakan 22/7 atau 3,14. Tapi untuk menyelesaikan hal yang lebih teliti dan menyangkut benda yang besar seperti keliling bumi atau luasnya galaksi di alam semesta, atau justru menghitung benda yang kecil sekali seperti berapa kecepatan berputar sebuah atom, ada baiknya kamu menggukan ”pi” yang lebih ”teliti”

Nah ada yang berminat memecahkan rekor mencari angka ”pi” sekian juta di belakang koma ?***

0 komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007