Anak-Anak enfo

enfohealth.blogspot.com
enfootaku.blogspot.com
enfomythology.blogspot.com
enfowhat.blogspot.com
enfoentertainment.blogspot.com

Sabtu, April 04, 2009

Mmaacceeetttt......!!!!!!

Bagaimana rasanya dalam kemacetan? Semua kendaraan berbaris beriringan, pelan, merayap, belum lagi kalau hari panas, ah gerah rasanya. Semua yang berada dalam kemacetan tentu merasa kesal, baik yang mengendarai motor, mobil, angkutan umum, bus, semuanya kesal karena terhambat menuju tujuannya.

Kemacetan di Jakarta memang menyebalkan. Padahal, musim hujan belum menyebabkan banjir yang parah. Baru beberapa tempat saja yang tergenang banjir. Tapi, nyatanya kemacetan sudah terjadi di pagi dan sore hari saat lalu lintas sedang super sibuk.Ah, kemacetan sekarang sudah milik semua orang di jalanan Jakarta. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan selama kemacetan terjadi?

Penyebab kemacetan bisa bermacam-macam, tapi intinya adalah karena terhalangnya jalan yang dilalui kendaraan. Terhalangnya bisa jadi karena ada kendaraan yang mogok, banyaknya kendaraan yang di parkir di pinggir jalan (biasanya terjadi pada sekolahan yang berada di tepi jalan besar), atau karena penyebab alam seperti banjir, tanah longsor, atau pohon tumbang yang menutupi badan jalan.

Kemacetan bisa juga terjadi karena jumlah kendaraan yang sangat banyak, sehingga jalur yang ada tidak mampu menampungnya. Coba kamu bayangkan, berapa banyak mobil, motor baru yang keluar dari pabrik dan dibeli oleh para pembeli.

Sementara itu apakah jumlah panjang ruas jalan juga bertambah? Akibatnya semakin banyak orang yang menggunakan kendaraannya dan memenuhi jalanan yang tidak berubah bertambah banyak atau panjang. Coba kamu lihat di jalanan, kebanyakan satu kendaraan berisi satu orang saja, kursi di samping dan belakang mobilnya kosong, tentu kalau semua orang punya mobil sendiri-sendiri dan pergi kemana-mana juga sendiri, tentu jalan akan semakin dipenuhi kendaraan.

Di Jakarta, ibukota negeri kita ini, di beberapa ruas jalan diberlakukan 3 in 1 pada jam-jam tertentu. Yaitu kendaraan yang melalui ruas jalan tersebut harus memuat paling sedikit 3 orang dalam satu kendaraannya. Upaya ini dapat mengurangi jumlah kendaran yang melewati jalan tersebut.

Cara yang paling nyaman untuk bepergian adalah menggunakan kendaraan umum. Coba bayangkan lagi, satu kendaraan umum dapat dimuati puluhan orang sekaligus, terutama bus, dan kereta api. Wah kalau semua orang yang menggunakan mobil pribadi beralih ke kendaraan umum, tentu tidak macet lagi deh. Tapi sayangnya kendaraan umum kadangkala tidak memenuhi syarat kenyamanan dan keamanan.

Nah bagi kamu yang saat ini berangkat sekolah selalu diantar menggunakan mobil pribadi, ada baiknya kamu mengajak teman kamu yang rumahnya berdekatan untuk bisa bersama-sama ke sekolah, sehingga kendaraan kamu atau kendaraan dia dapat terisi penuh. Atau kamu belajar menggunakan kendaraan umum menuju sekolah kamu. Bagaimana? Berani mencoba?

Ini dia top 10 kegiatan yang bisa dilakukan selama macet di jalan raya


1. Dengarkan radio yang menyiarkan kondisi lalu lintas. Berita tentang kemacetan di tempat lain akan membuat hati kita lebih tentram. Coba saja.

2. Mainkan lagu-lagu favorit dari IPOD dengan suara super keras. Anda bagai berada di diskotik, bukan di tengah kemacetan.

3. Lihat mobil yang radiatornya over heating. Paling tidak Anda akan lebih bersyukur karena tidak mengalaminya.

4. Menelepon seorang teman yang juga terjebak macet. Tapi, jangan katakan bahwa Anda terjebak macet juga. Katakan saja kalau jalan yang Anda lalui lancar sekali.

5. Ngobrol dengan pengasong koran. Jangan tanyakan seberapa parah kemacetannya. Tapi, tanyakan ada berita apa hari ini. Kalau perlu, beli saja tabloid gosip.

6. Usahakanlah makan selama macet terjadi. Moga-moga rasa bete terlupakan, berganti menjadi rasa kenyang. Kalau nggak ada makanan dan minuman, gimana?

7. Kalau memungkinkan, pinggirkan motor atau mobil Anda ke sebuah restoran. Lebih baik makan dan minum daripada macet di tengah jalan. Setelah lalu lintas lancar, jalankan lagi kendaraan Anda.

8. Mainkan kamera handphone yang Anda bawa. Potretlah kemacetan itu sebagai kenang-kenangan. Halah.. kurang kerjaan, ya..

9. Ingatlah bahwa Anda bukan sopir angkot. Nggak ngejar setoran, khan?

10. Matikan mesin kendaraan, ingat postingan blog ini dan tersenyumlah.

0 komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007