Anak-Anak enfo

enfohealth.blogspot.com
enfootaku.blogspot.com
enfomythology.blogspot.com
enfowhat.blogspot.com
enfoentertainment.blogspot.com

Sabtu, April 04, 2009

Arapaima

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain. Arapaima gigas merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan kelaurga arwana ini, pada saat dewasa bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter, dengan berat sampai dengan 200 kg


Ikan langka ini dapat mencapai ukuran lima meter dan dapat hidup di lingkungan yang kering dengan kadar oksigen yang sedikit. Lidah ikan ini oleh penduduk setempat sering dijadikan ampelas atau kikir untuk menghaluskan permukaan kayu. Keunikan lainnya apabila air di lingkungannya kering, ia akan menggulung menjadi bola dan membenamkan diri ke lubang sampai air kembali datang.


Kini SeaWorld Indonesia telah memiliki 19 ikan Arapaima yang menempati aquarium berbentuk bulat dengan volume air sebanyak kurang lebih 70.000 liter. Ikan yang tergolong sebagai salah satu ikan purba yang masih hidup saat ini terdiri dari beraneka usia dan ukuran, mulai dari 20 cm (diibaratkan cucu), 1.8 m (papa dan mama) hingga 2.8 m (diibaratkan kakek dan nenek).


SeaWorld Indonesia dilengkapi juga dengan sebuah ikan Arapaima yang diawetkan agar para pengunjung dapat menyentuh atau memegang secara langsung sisik-sisiknya yang tebal.


0 komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007